Dedicated Hosting

PENGERTIAN DEDICATED HOSTING SERVER

Dedicated Hosting adalah sebuah layanan hosting yang dikelola oleh provider hosting, dimana klien dapat menyewa seluruh server dan tidak akan membagikan dengan siapapun.


MANFAAT DEDICATED HOSTING


Hosting dedicated server memiliki keunggulan bagi sebuah website dalam hal mengantisipasi lonjakan kunjungan dalam jumlah besar. Hal ini sangat umum untuk website penyedia game dan usaha kecil yang mencoba ide baru dan tidak memiliki uang besar untuk setup data center mereka sendiri. Meskipun hosting dedicated server memiliki biaya yang lebih tinggi, akan tetapi biaya ini dapat sebanding untuk menjaga website anda agar tidak crash. Terutama untuk anda perusahaan yang perlu website anda dapat dibuka secara lancar setiap saat. Juga untuk para pemilik website e-commerce atau toko online, hal ini sangat penting. Kestabilan Hosting Dedicated Server dapat mendukung kinerja SEO anda seperti pada masalah page speed, pengurangan server error. Hal tersebut dapat anda monitor pada console google webmaster. Berikut beberapa manfaat dari menggunakan hosting dedicated server baik untuk website maupun aplikasi anda. Silahkan siapkan kopi atau teh dengan cemilan untuk menemani anda membaca informasi ini. 

Alamat IP Dedicated

Ketika Anda menggunakan dedicated server, Anda dapat memilih alamat ip dedicated untuk server Anda. Ini memberi Anda kontrol administratif pada server dan identitas yang unik.

Manfaat SEO

Sama seperti segala sesuatu pada lingkungan digital. Server hosting Anda memainkan peran besar terhadap peringkat organik website Anda. Salah satu keutamaan dedicated server adalah website anda dapat lebih cepat diakses. Hal ini akan mengurangi tingkat bouncing, meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga memastikan Anda tidak terjebak dalam lingkungan yang buruk. Dengan berbagi sumber daya dan server dengan orang lain, Anda mengandalkan mereka untuk juga bermain dengan aturan yang ada. Jika situs lain pada server Anda dihukum oleh Google karena berbahaya, mungkin pengaruh negatif akan berimbas pada website perusahaan Anda. Istilah ‘penalti’ merupakan proses daftar hitam server yang telah ditemukan karena memiliki konten berbahaya. Belum lagi potensi penurunan relevansi untuk pengguna Anda.

Keandalan

Dedicated server dipakai karena keandalan mereka. Karena hanya ada satu bisnis atau organisasi yang beroperasi di server, mereka dapat mencapai maksimum “uptime” dan waktu loading lebih cepat yang mengurangi kemungkinan downtime atau kinerja website yang buruk. Bisnis tidak diharuskan untuk berbagi bandwidth dengan situs-situs lain, yang berarti sumber daya yang diperlukan selalu tersedia dan dapat diakses. Beban pemeliharaan server harus dikelola oleh penyedia hosting untuk memastikan bahwa website Anda selalu beroperasi pada tingkat optimal yang memungkinkan Anda untuk fokus pada bisnis Anda.

Keamanan

Dibandingkan dengan shared hosting, dan jenis-jenis jaringan bersama, hosting dedicated server memberikan tingkat yang tak tertandingi soal keamanan. Sementara pilihan awal yang baik untuk usaha kecil, share hosting memberikan perusahaan dan webmaster akses ke semua sumber daya pada server, yang dapat menimbulkan ancaman keamanan yang signifikan untuk bisnis yang menyimpan data sensitif. Untuk memerangi masalah ini, dedicated server beroperasi dalam hubungannya dengan patch keamanan dan memberikan update reguler untuk melindungi file. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan pelanggaran keamanan. Dunia digital berkembang, persyaratan keamanan yang diminta oleh badan pemerintah tumbuh. Bisnis Anda harus mempersiapkan potensi pembaruan masa depan yang bisa menyelesaikan kewajiban persyaratan untuk server untuk memiliki akses yang aman ketat. Contoh persyaratan ini berlaku pada perusahaan yang memperoleh sertifikasi ISO.

Fleksibilitas Dan Peningkatan Kontrol

Kebanyakan pemilik website akan setuju bahwa salah satu keuntungan terbesar dari hosting dedicated server adalah peningkatan kontrol dan fleksibilitas. Sebuah server yang digunakan hanya oleh satu situs web dimana perusahaan anda memiliki akses tak terbatas ke berbagai aspek dari server. Hal ini pada gilirannya menciptakan lingkungan yang optimal untuk situs web.Sehingga website perusahaan Anda dapat menerima peningkatan jumlah pengunjung dan sumber daya yang fleksibel saat ada lonjakan kunjungan, semisal setelah press release.

Peningkatan Bandwidth

Menjadi satu-satunya pengguna server, hal ini dapat memberikan website Anda dengan jumlah maksimum bandwidth. Sehingga downtime jauh lebih kecil dan mencegah lambatnya akses ke website anda. Hal ini karena selalu tersedia bandwidth yang cukup yang berarti website anda selalu dapat diakses lebih cepat. Pengalamaan pengguna juga akan meningkat seiring lancar dan cepatnya mengakses website anda. Page speed dan user experience merupakan salah satu faktor kunci dari keberhasilan optimasi website (onsite SEO).

Performa

Dedicated server beroperasi pada tingkat optimal karena hanya melayani satu situs atau perusahaan. Pengalaman pengguna ditingkatkan melalui kecepatan beberapa kali lipat. Bahkan ketika website ini mengalami lalu lintas yang padat, para pengguna masih dapat mengakses website. Ini berarti bahwa video dan foto yang akan dimuat diwebsite dapat dengan cepat dan lancar diakses. Hal ini berpotensi dapat memberikan kontribusi padat tingkat bouncing yang lebih rendah untuk website Anda. Tingkat bouncing adalah rasio pengunjung yang hanya mengakses ke 1 halaman website anda saja dan tidak kembali lagi mengunjungi website anda. Hal ini juga mempengaruhi SERP anda atau popularitas pada hasil pencarian di mesin pencari.

Kustomisasi

Dedicated server memberikan kebebasan untuk menyesuaikan server, berdasarkan kebutuhan pribadi dan preferensi yang anda inginkan. Hal ini dapat dikonfigurasi untuk keperluan manajemen database atau membangun sebuah mail server berkinerja tinggi. Manfaat menggunakan hosting dedicated server yang jelas, dan dari perspektif investasi keuangan, menawarkan nilai yang signifikan. Transformasi digital dapat dioptimalkan dan e-commerce telah menjadi bagian integral dari setiap model bisnis yang sukses. Mengingat bahwa web hosting memiliki pengaruh besar terhadap kinerja online Anda, maka sangat penting untuk memilih jenis hosting yang paling memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Fungsi Hosting






Fungsi Hosting
Pengertian hosting dan fungsinya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan database sebuah website sehingga dapat diakses darimanapun melalui internet. Adapun beberapa fungsi hosting adalah sebagai berikut;

1. Tempat Menyimpan Data

Fungsi utama sebuah web hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data atau properti sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Dengan adanya tempat penyimpanan data tersebut, maka pemilik website dapat menyediakan berbagai data yang dibutuhkan oleh pengunjung websitenya.

2. Sebagai Alamat Akses Data Website

Fungsi hosting berikutnya adalah sebagai redireksi akses situs dari DNS (domain name server) tertentu. Maksudnya, misalnya sebuah situs dengan domain website.com teregister pada DNS tertentu. Agar situs tersebut dapat diakses maka domain harus dihubungkan dengan hosting agar server penyedia domain dapat mengakses hosting tempat menyimpan database situs tersebut.

3. Menjaga Website Tetap Online

Fungsi hosting yang satu ini sangat penting, terutama pada sebuah website yang banyak diakses untuk keperluan layanan umum dan bisnis. Agar website dapat tetap online maka hosting yang digunakan harus memiliki garansi uptime yang tinggi dari jasa penyedia hosting.
Baca juga: Pengertian Internet

Jenis-Jenis Web Hosting






Jenis Web Hosting
Pengertian hosting dan jenis-jenisnya

Pada dasarnya hosting terdiri dari berbagai jenis dan spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Mengacu pada pengertian hosting di atas, adapun beberapa jenis hosting adalah sebagai berikut:

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan web hosting dimana dalam satu server terdapat beberapa website. Jenis hosting ini umumnya lebih murah dibandingkan yang lainnya, selain karena spesifikasinya (RAM dan CPU) lebih rendah, server-nya dipakai oleh beberapa pengguna atau pemilik website.
Jenis hosting ini biasanya digunakan oleh para blogger atau pemilik website yang trafik websitenya tidak banyak.

2. VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan dari Virtual Private Server, yaitu sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. Pada dasarnya VPS mirip dengan shared hosting, namun VPS memiliki kelebihan tersendiri, yaitu sumber daya yang lebih besar serta teknologi virtualisasi.
Virtual Private Server sangat cocok digunakan oleh blogger atau pemilik website yang memiliki website dengan trafik yang besar.

3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website saja. Dengan kata lain, satu server ini didedikasikan untuk melayani satu klien saja atau satu website.
Jenis hosting ini sangat cocok untuk blogger atau pemilik website dengan trafik yang sangat besar. Selain performa website yang lebih baik, dedicated hosting juga menawarkan privasi yang lebih terjaga karena hanya digunakan oleh satu klien saja.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan teknologi komputasi awan (cloud). Cloud hosting menggunakan banyak server yang tersebar di banyak titik di berbagai negara sehingga website yang berada dalam hosting ini proses loadingnya lebih cepat, lebih stabil, dan cenderung lebih aman.

Kelebihan Dedicated Server
  • Kinerja dan keandalan: Dedicated server menawarkan bandwidth unlimited, dan juga menggunakan prosesor, disk space, memori dan sumber daya sistem lainnya sendiri tanpa berbagi dengan yang lain. Jadi layanan ini tetap menghadirkan kinerja yang optimal tanpa menjadi lambat meski pengunjung situs sedang tinggi.
  • Keamanan: Dedicated server akan memberikan alamat IP yang unik, untuk privasi dan keamanan yang lebih baik, dan menawarkan proteksi yang lebih tinggi untuk melindungi dari malware dan adware.
  • Kebebasan: Dedicated server memberikan kebebasan kepada penyewa untuk mengotrol server yang dipakai. Dedicated server juga akan memudahkan dan membebaskan penggunanya untuk melakukan konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi yang dibutuhkan. Selain itu penyewa bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani Anda selama mengelola website.
  • Jaminan: Kelebihan dari penggunaan dedicated server adalah apabila ada kerusakan pada server, maka sudah menjadi tanggung jawa penyedia layanan hosting untuk segera memperbaikinya.
  • Tidak perlu berbagi: Dengan menggunakan dedicated server anda tidak perlu merasa terganggu dengan pengguna lainnya, sebab hosting ini hanya akan digunakan oleh satu pengguna. Jadi tidak akan mengganggu kinerja website apabila sewaktu-waktu jumlah pengunjungnya meningkat.
Kekurangan Dedicated Server
Meski mempunyai banyak kelebihan, Dedicated Server juga memiliki kekurangan, antara lain:
  • Biaya sewa lebih mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan, maka semakin mahal pula harga yang harus dibayar.
  • Saat melakukan setting, perawatan serta perbaikan lebih sulit karena perlu mempekerjakan orang yang ahli dalam masalah ini. Hanya orang-orang dengan kemampuan IT menengah ke atas yang bisa menguasai dan menggunakan hosting ini dengan sebaik-baiknya. Sebab itulah anda dituntut untuk memiliki skill pengelolaan website yang mumpuni, perawatan hardware, aplikasinya, jaringannya, database, sampai pada prosedur keamanannya.

Komentar