CONTROL PANEL HOSTING


cPanel adalah web hosting control panel yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya.
Melalui cPanel, Anda dapat mengelola berbagai fasilitas hosting, diantaranya :
  • Mengelola e-mail
  • Mengupload website
  • Membuat dan mengupload database
  • Melihat statistik website
  • dll

Fungsi Control Panel


Fungsi Control Panel  adalah berperan dalan mengatur dan mengawasi atau memomintor  penggunaan hardware oleh beberapa software aplikasi dan penggunannya. Control panel merupakan repesentasi dari system operasi. Tampilan control panel untuk setiap system operasi akan berbeda satu dengan lainnya, namun secara umum fungsi dari bagian – bagian yang terdapat di dalamnya sama. Control panel adalah bagian dari Microsoft windows yang memungkinkan user untuk melihat dan memanipulasi sistem dasar pengaturan dan pengendalian melalui applet, misal misalnya menambahkan hardware, menambahkan dan menghapus perangkat lunak, mengontrol account pengguna, dan mengubah pilihan aksesibilitas.
 
Dengan begitu user dapat menggunakan kumpulan fungsi  di dalam Control panel sesuai dengan kebutuhannya dan untuk memudahkannya maka fungsi control panel dikelompokan ke dalam beberapa kategori yang terdapat di dalamnya, seperti System and Security, Jaringan dan Internet, Hardware dan Sound, Program, User Account and Family Safety, Penampilan dan Personalisasi, Clock, Language, dan Daerah, dan Kemudahan Akses. Di mana dari semua kategori fungsi yang terdapat di dalam control panel tersebut terdapat juga bagian bagian yang mengatur system secara mengkhusus. Dengan demikian user dapat mencari fungsi yang akan digunakan dengan mudah.
 
Untuk lebih jelasnya maka simaklah pembahasan berikut mengenai fungsi – fungsi control panel secara menyeluruh dan singkat.

  1. System and Security
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat yang akan anda gunakan untuk melakukan sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan.
  2. Jaringan dan Internet
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk memeriksa status jaringan, mengubah pengaturan, tetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, mengkonfigurasi sambungan Internet, dan banyak lagi.
  3. Hardware dan Sound
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, sistem perubahan suara, AutoPlay mengkonfigurasi, mengelola kekuasaan, dan update driver.
  4. Program
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat yang akan anda gunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, mengelola gadget, dan banyak lagi.
  5. User Account and Family Safety
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, kontrol orangtua mengatur, mengelola identitasnya, dan banyak lagi.
  6. Penampilan dan Personalisasi
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tampilan desktop item, menerapkan berbagai tema desktop dan screen saver, menyesuaikan menu Start atau Taskbar, dan banyak lagi.
  7. Clock, Language, dan Daerah
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tanggal, waktu, bahasa, angka, mata uang, dan banyak lagi.
  8. Kemudahan Akses
    Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan komputer anda untuk penglihatan, pendengaran, dan mobilitas serta mengkonfigurasi pengenalan suara untuk mengontrol komputer anda dengan perintah suara.
Manfaat control panel

  1. Mempermudah pengelolaan file website;
  2. Mempermudah pengaturan website;
  3. Mempermudah pengaturan dan manajemen email;
  4. Mempermudah pengelolaan domain;
  5. Mempermudah mengelola database;
  6. Mempermudah konfigurasi modul PHP yang dipakai;
  7. Mempermudah pengaturan keamanan pada hosting;
  8. Mempermudah proses backup dan restore website.

Apa Itu cPanel? Simak Pengertian cPanel beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu cPanel? Simak Pengertian cPanel beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Bagi pengguna yang masih baru, pasti sering bertanya-tanya, apa itu cPanel? cPanel adalah salah satu control panel berbasis Linux yang paling banyak digunakan di akun web hosting. Melalui panel ini, Anda bisa dengan mudah mengelola semua layanan dalam satu tempat. Saat ini, cPanel merupakan panel standar yang paling banyak digunakan dan sebagian besar web developer sudah sangat familiar dengan tool ini.
Selain intuitif dan mudah digunakan, cPanel juga memungkinkan Anda untuk mengelola akun web hosting dengan maksimal. Membuat FTP user dan alamat email baru, memonitor resource, membuat subdomain, dan menginstall software merupakan beberapa kegunaan cPanel.

Apa Itu cPanel Hosting?

Sebelum menggunakan cPanel, Anda harus mengetahui pengertian cPanel terlebih dulu, apalagi kalau Anda masih baru di dunia web hosting. Pada umumnya, cPanel merupakan web hosting Linux yang menyertakan instalasi cPanel. Meskipun ada kelebihan dan kekurangannya, cPanel merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari control panel yang cepat dan andal. Berikut kelebihan cPanel dan kekurangannya:
Kelebihan cPanel:
  • Mudah dipelajari
  • Mudah digunakan
  • Menghemat waktu dan uang
  • Telah melalui uji coba
  • Menawarkan software auto installer
  • Tersedia berbagai tutorial dan panduan online
Kekurangan cPanel:
  • Fitur yang terlalu banyak hanya akan memperlambat performa cPanel
  • Pengaturan yang penting bisa tiba-tiba berubah secara otomatis
  • Beberapa hosting menjalankan software yang tidak diupgrade
  • Biayanya mahal dan jarang dipasangkan di hosting gratis

Komentar